Berita

Kerap Jadi Campuran, 2 Bahan Ini Malah Bikin Jus Buah Kurang Sehat

Kompas | Kamis, 27 Februari 2020, 13:38 WIB

-

KOMPAS.com - Jus buah bisa berubah menjadi minuman yang membahayakan bagi kesehatan tubuh jika dibuat kurang benar. Selama ini di pasaran banyak ditemui jus buah yang disajikan dengan dicampur gula pasir dan susu kental manis. Padahal, menurut Ahli Gizi RS Indriati Solo Baru, Rista Yulianti Mataputun, S.Gz, jus buah yang ditambahi dua bahan makanan tersebut kurang baik dikonsumsi terlalu sering oleh siapa saja, terutama orang dengan obesitas atau memiliki penyakit metabolik lainnya seperti diabetes. Baca juga: 8 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Program Diet Waspada kadar gula tinggi Hal itu dikarenakan kadar gula yang tinggi dalam jus buah malah dapat memperburuk kesehatan atau penyakit yang diderita. Rista menegaskan jus buah yang sehat seharusnya tidak dibuat dengan tambahakan gula pasir maupun susu kental manis. "Jus buah yang sehat itu ya yang tanpa diberi bahan tambahan gula atau susu kental manis," jelas Rista saat diwawancara Kompas.com, Sabtu (8/2/2020).

Dia pun memberikan tips cara membuat jus buah yang sehat. Berikut solusinya:

  1. Hanya tambahkan sedikit air
    Rista menegaskan jus buah yang sehat adalah yang murni dibuat dari bahan dasar buah dan hanya ditambahkan sedikit air."Jadi jus buah sebaikya pure dibuat dengan campuran buah dan tambahan sedikit air saja," terang Rista.

  2. Ampasnya jangan disaring
    Menurut dia, akan lebih baik jika jus buah diminum dengan ampasnya agar tubuh tetap memperoleh manfaat serat yang terkandung dalam buah. "Jika membuat jus buah, sebaiknya tidak disaring ya. Minumlah jus dengan ampasnya," jelas Rista. Seperti diketahui serat dalam buah memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, di antaranya:
    • Melancarkan pencernaan
    • Menurunkan kadar kolesterol
    • Membantu mengontrol kadar gula darah

  3. Jangan pakai juicer
    Dia menambahkan jika membuat jus buah, alangkah baiknya menggunakan blender biasa atau tidak menggunakan juicer. Hal itu dikarenakan jus yang dibuat dengan juicer biasanya akan kehilangan kandungan serat dari buah."Kalau pakai juicer, seratnya hilang karena jus tersaji tanpa ampas," terang Rista.

  4. Jus dibuat mix buah dan sayur
    Rista mengatakan jus akan menjadi minuman yang lebih sehat jika dibuat dengan campuran buah dan sayuran. "Lebih bagus lagi kalau jus buah di-mix dengan sayur karena kandungan serat dan vitaminnya makin kaya," kata dia. Rista memastikan tak ada pantangan khusus terkait padupadan jenis buah atau sayur yang akan dibuat jus.
    "Bebas mau campur buah jenis apa dengan sayur jenis apa, yang terpenting jaga kebersihannya," jelas dia.

Sumber Berita : https://health.kompas.com/read/2020/02/08/150100568/kerap-jadi-campuran-2-bahan-ini-malah-bikin-jus-buah-kurang-sehat?page=2