Radioterapi


mri

APA ITU RADIOTERAPI ?


Radioterapi atau yang sering disebut juga dengan istilah terapi radiasi merupakan salah satu teknik pengobatan kanker menggunakan radiasi pengion. Radiasi yang diterima dapat berupa terapi tunggal atau bisa juga dikombinasikan dengan metode pengobatan lainnya seperti kemoterapi maupun tindakan operasi/ pembedahan. Radioterapi ini bertujuan untuk merusak rantai DNA pada sel kanker. Radioterapi ini dapat digunakan untuk pengobatan kanker yang bersifat kuratif maupun paliatif sehingga paling tidak dapat mengurangi ukurannya atau menghilangkan gejala dan gangguan yang menyertainya.


Radiasi menghancurkan material genetic sel, sehingga sel tidak dapat membelah dan tumbuh lagi. Harus disadari, bahwa tidak hanya sel kanker yang hancur oleh radiasi, namun sel normal juga. Oleh karena itu dalam terapi radiasi diusahakan semaksimal mungkin dosis radiasi mengenai target kanker dan sedapat mungkin menghindari sel sehat disekitarnya.


Radiasi dapat digunakan untuk mengobati hampir semua jenis kanker termasuk kanker otak, payudara, leher rahim, tenggorokan, paru-paru, pankreas, prostat, kulit, leukemia, limfoma dan lain sebagainya. Cara dan dosisnya tergantung banyak hal, antara lain tergantung dari jenis kankernya, lokasinya, organ sehat sekitar, kesehatan umum pasien, riwayat medis dan pengobatan pasien sebelumnya, dan sebagainya.


Ada 3 macam terapi radiasi yaitu radiasi eksternal adalah penyinaran yang berasal dari sumber radiasi yang terletak di luar tubuh pasien, radiasi internal berasal dari sumber yang terletak di dalam tubuh pasien dengan cara di implant dan radiasi sistemik yang menggunakan aliran darah ke seluruh tubuh. Dari ketiga jenis terapi radiasi tersebut yang paling banyak digunakan adalah terapi radiasi eksternal.


Rumah sakit Indriati memberikan pelayanan dengan metode radiasi eksternal menggunakan pesawat radioterapi yang canggih yaitu Linear Accelerator (LINAC) yang mampu memfokuskan radiasi secara akurat pada daerah tumor dan sedapat mungkin mampu menghindari sel-sel sehat dari efek radiasi secara optimal.


FASILITAS KAMI


Pelayanan Radioterapi RS Indriati terletak di basement 2 (B2) dimana lokasinya tenang dan tidak banyak terganggu dengan kebisingan lingkungan luar, sehingga sangat membantu memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pasien. Design ruangan dan penempatan peralatan yang menjamin keamanan bagi pasien dan keluarga maupun pengunjung rumah sakit juga menjadi pertimbangan utama pengelola rumah sakit.


Peralatan dan sarana pendukung yang digunakan menggunakan teknologi mutakhir yang digunakan diseluruh dunia sehingga diharapkan akan dapat memberikan pelayanan kepada pasien secara optimal.


Peralatan medik utama : Pesawat Linear Accelerator (LINAC)


Peralatan medik pendukung :


  • Pesawat CT simulator
  • Treatment Planning System
  • Mouldroom : Computerized block system


APA KEUNGGULAN PENGGUNAAN LINEAR ACCELERATOR (LINAC)?


  • Waktu penyinaran sangat singkat, sehingga lebih aman bagi pasien
  • Lebih akurat dalam fokus penyinaran hanya pada daerah target, sehingga jaringan yang sehat tidak ikut terkena dampak kerusakan
  • Menjamin terapi yang terintegrasi dengan treatment planning yang terinformasikan dengan bantuan software manajemen yang canggih.
  • Mampu mengatasi variasi pergerakan tumor terhadap organ-organ disekitarnya.