Radiologi


mri

Pelayanan Radiologi RS Indriati dilengkapi dengan peralatan medik radiologi yang mutakhir dengan menggunakan teknologi digital-high definition, mulai dari radiologi konvensional, sampai dengan pelayanan radiologi intervensi, sehingga sangat memudahkan pelayanan transfer gambar dan pembacaan oleh dokter ahli tanpa terkendala waktu. Dirancang dalam gedung yang nyaman dilengkapi dengan sarana pendukung yang akan memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan secara aman dan optimal.


Pelayanan Radiologi meliputi :

1) Radiografi Konvensional

Dilengkapi dengan pesawat X-ray yang mutakhir, merupakan pemeriksaan radiologi yang terdiri dari:
- Pemeriksaan radiologi konvensional tanpa kontras, yaitu pemeriksaan sederhana menggunakan sinar X dengan berbagai posisi pemeriksaan.
- Pemeriksaan radiologi konvensional dengan kontras, yaitu pemeriksaan sederhana menggunakan sinar X disertai penggunaan obat kontras yang dapat membantu memperlihatkan kelainan yang ada, sehingga mempertajam diagnosis.

2) Pemeriksaan X-Ray Khusus

- Mammogarfi
Pemeriksaan menggunakan Sinar X dengan alat khusus mammografi sebagai pemeriksaan deteksi dini kanker payudara. Dengan teknologi yang mutakhir, maka dosis sinar X sangat kecil sehingga lebih aman untuk pasien.

- Panoramic Gigi
Pemeriksaan X foto panoramic gigi akan memberikan gambaran gigi-geligi dan rahang secara utuh pada posisinya secara 2D dan 3D dalam waktu singkat dan dalam satu gambar, menggunakan dosis rendah dengan kualitas gambar yang tinggi, sehingga lebih aman bagi pasien.

- MSCT 128 Slices (Multi Slice Computed Tomography 128 Slices)
Menggunakan pesawat CT Scan 128 Slices generasi terbaru dengan kecepatan rotasi sangat tinggi, dan waktu pemeriksaan yang sangat cepat. Alat ini mampu melakukan rekonstruksi organ secara 3 Dimensi dengan waktu pemeriksaan yang sangat singkat.

- MRI (Magnetic Resonance Imaging) 1,5 Telsa
Pelayanan pemeriksaan imaging yang menggunakan peralatan MRI, yaitu alat radiography yang tidak menggunakan radiasi sinar X, namun menggunakan medan magnet untuk menghasilkan gambaran radiography. Kecanggihan MRI 1,5 Tesla yang dimiliki RS Indriati ini memiliki keunggulan Silent Scan- MRI dimana pemeriksaan MRI yang dulunya menimbulkan suara bising dan mengganggu dapat diminimalisir sehingga sangat nyaman dan tidak mengganggu pasien lagi.

- USG (ULTRASONOGRAFI) 4-Dimensi
Pemeriksaan USG menggunakan gelombang ultrasonic yang aman bagi pasien, termasuk bagi ibu hamil dan janinnya.

- Bone Mineral Densitometri (BMD)
Adalah suatu pemeriksaan untuk mengukur kepadatan tulang dan menentukan apakah tulang kita telah mengalami pengeroposan atau osteoporosis, dengan menggunakan alat Bone Mineral Densitometer. Bone Mineral Densitometry juga digunakan untuk mengukur Body Composition (BC). Pemeriksaan osteoporosis dan Body Composition penting dilakukan untuk dapat mendeteksi secara dini terhadap adanya risiko patah tulang dan obesitas (kegemukan).

3) Radiologi Intervensional

RS Indriati menyediakan pelayanan radiologi intervensional, yaitu pemeriksaan radiologi yang menggunakan peralatan fluoroscopic, untuk memantau tindakan kateterisasi endovaskuler,yang dilakukan oleh tim intervensional RS Indriati. Prosedur ini digunakan untuk tindakan diagnosis maupun tindakan terapi pada berbagai kelainan vaskuler, seperti penyumbatan pembuluh darah, anomaly pembuluh darah (AVM), embolisasi dan pemberian kemoterapi langsung pada pembuluh darah tumor.