Instalasi Bedah Central


mri

Instalasi Bedah Sentral adalah bagian integral yang penting dari pelayanan unit yang terorganisir dan sangat terintegrasi, dimana di dalamnya tersedia sarana dan prasarana penunjang untuk melakukan pembedahan.
Tindakan operasi adalah tindakan pengobatan yang menggunakan cara invasive dengan membuka atau menampilkan organ tubuh yang akan di operasi. Instalasi Bedah Sentral digunakan untuk operasi mayor ataupun pasien rawat inap cito (Emergency) ataupun Elektif (Terprogram).


One Day Surgery
Terdiri dari 3 kamar operasi, pasien di One Day Surgery setelah pembedahan selesai bisa langsung pulang tanpa rawat inap. Dilengkapi dengan Lampu Operasi, Mesin Cuci tangan steril.


Pembagian zona kamar operasi:

  • Zona Bebas Terbatas (Unrestricted Area)
  • Area Semi Ketat (Semi Restricted Area)
  • Area Ketat atau Terbatas (Restricted Area)

    1. Bedah Umum atau Bedah Saluran Pencernaan

      Bedah Laparoscopy yaitu tehnik pembedahan yang menggunakan alat laparoscopy set dengan keuntungan luka sayatan yang kecil dan penyembuhan relatif cepat dengan acuan kamera video.

    2. Bedah Orthopaedic dan Traumatologi

      Dilengkapi dengan alat instrumen yang bermutu di spesialisnya dan di lengkapi dengan alat Flouroscopy atau sinar X-Ray yang mobile memudahkan dalam jalannya operasi. Selain itu dilengkapi dengan Bor Automatic.

    3. Bedah Neurologi

      Dilengkapi dengan alat instrumen micro surgery, alat Microscope untuk melihat jaringan-jaringan kecil atau tumor di dalam Kepala pasien ataupun di Tulang Belakang pasien, dan dilengkapi dengan Bor dengan kecepatan tinggi atau bor high speed dan Retraktor Bedah Syaraf. Dokter yang bertugas adalah dr. Ferry Wijanarko Sp.BS, dr. Hanis Setiono Sp.BS.

    4. Bedah Urologi atau Bedah Saluran Kemih

      Dilengkapi dengan alat, lensa dan monitor saat jalannya operasi sehingga tidak perlu dilakukan pembedahan dan dilengkapi alat pemecah batu (Lithoclast maupun Lithotriptor).

    5. Bedah Onkologi

      Di lengkapi sarana penunjang pemeriksaan Patologi Anatomi (Pemeriksaan jaringan yang berguna menentukan jenis suatu penyakit) dan Frozen Section (Potong Beku).

    6. Bedah Kandungan atau Obstetri dan Gynecologi

      Dilengkapi dengan alat laparoscopy (Minimal Invasive).

    7. Bedah Plastik

      Dilengkapi dengan alat Micro Surgery dan Microscope untuk melihat jaringan atau organ yang kecil atau micro.

    8. Bedah THT

      Dilengkapi dengan alat instrument di bidangnya dan menggunakan lensa dan lampu sehingga tidak memerlukan pembedahan.

    9. Bedah Mata

      Dilengkapi dengan alat Abbot Medical Optik untuk tindakan bedah katarak fakoemulsifikasi (Prosedur ekstrakapsular dengan mengemulsikan nukleus lensa dengan menggunakan gelombang ultrasonik) keunggulanya insisi kecil dan pemulihan visualnya lebih cepat yang dilengkapi dengan assesorisnya.

    10. Bedah Thorak dan Kardiovaskuler

      Dilengkapi dengan alat instrumen micro, alat bedah thorax.