Heart center


heart-center

Indriati Heart Centre adalah layanan jantung terpadu yang menyediakan layanan untuk diagnostik, preventif (pencegahan) dan penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih dini. Pelayanan kesehatan terpadu di Indriati Heart Center meliputi Treadmill Jantung (mengetahui kinerja jantung), Echocardiography (USG jantung), serta CT Coronary 128 Slice Low Dose radiation (untuk mengetahui penyempitan pembuluh darah).

Layanan khusus ini didukung oleh peralatan diagnostik canggih dan terkini yang ada untuk penanganan kasus jantung seperti CT Scan, serta layanan di Cath Lab yang menyediakan pemeriksaan Diagnostic Coronary Angiography (DCA), Percutaneus Coronary Angiopgraphy (PCI), Temporary Pace Maker (TPM), dan Permanent Pace Maker (PPM).


EKG - Elektrokardiografi

ekg
  • Elektrokardiogram merupakan alat diagnostik dasar yang cepat, aman dalam mendeteksi dan mencatat aktivitas listrik jantung. Alat menggambarkan irama jantung dan membantu mendeteksi tanda-tanda penyakit jantung.
  • Hasil elektrokardiogram membantu dokter untuk menentukan masalah jantung.

Treadmill Test

treadmill

Tes treadmill merupakan pemeriksaan yang bertujuan mendeteksi penyakit jantung koroner dan status kebugaran pasien. Tes treadmill dapat juga dilakukan pada pasien pasca perawatan serangan jantung, untuk menilai tingkat resiko yang mengalami kejadian akut koroner di kemudian hari dan menentukan penanganan lebih lanjut serta untuk menentukan tingkat aktivitas yang dapat dilakukan pasien setelah terkena serangan jantung.


Echocardiography (USG Jantung)

echo

Echocardiography (USG Jantung) adalah suatu pemeriksaan dengan menggunakan alat USG yang berfungsi mengetahui adanya penyakit jantung bawaan, fungsi jantung, besarnya masing-masing ruang jantung, kekuatan kontraksi otot-otot jantung, adanya kelainan katup, terdapatnya thrombus (jendalan darah), peradangan pada jantung dan mencari komplikasi pada jantung dari penyakit-penyakit lainnya.





MSCT Koroner 128 slices dengan teknologi low dose radiation

msct

MSCT koroner merupakan pemeriksaan penyakit jantung koroner dengan menggunakan alat CT scan GE 128 slice dengan teknologi “Low Dose Radiation”. Dengan CT scan ini penyempitan pembuluh darah koroner jantung dapat dianalisis secara akurat dan cepat. Apakah penyempitan jantung tersebut berpotensi menimbulkan serangan jantung dikemudian hari. Pada pasien yang tidak bergejala namun memiliki faktor resiko merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, dyslipidemia, tidak pernah olahraga, stress yang tinggi, riwayat keluarga sakit jantung. Tidak semua penyempitan pembuluh darah koroner memerlukan tindakan intervensi, tidak jarang juga hanya memerlukan pengobatan saja. Apabila ternyata penyempitan pembuluh darah ini memerlukan tindakan intervensi, dokter jantung ahli intervensi akan sangat terbantu dengan mapping dari CT koroner tersebut. CT coroner di RS Indriati merupakan CT 128 slice dengan teknologi yang terbaru dengan dosis radiasi hingga sekitar 10-20 % dari CT pada umumnya.