LABORATORIUM KATETERISASI


gizi

CATH LAB (CATHETERIZATION LABORATORIUM)
Rumah Sakit Indriati – Lantai 6
Jl. Palem Raya, Langenharjo, Grogol Solobaru
Sukoharjo, Jawa Tegah 57522






Apakah itu ruang Cath Lab?

Ruang Cath Lab atau biasa disebut juga ruang Angiografi adalah ruangan untuk melakukan pemeriksaan pada pembuluh darah arteri tubuh seperti arteri coroner, arteri cerebral, arteri perifer dan sebagainya.

Diruangan Cath Lab dilakukan juga pemeriksaan ruang-ruang jantung pada kasus penyakit jantung bawaan dengan tujuan untuk mengetahui tekanan dan saturasi oksigen dimasing- masing ruang jantung.


Angiografi Koroner
Adalah pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mengamati pembuluh darah jantung dengan menggunakan teknologi pencitraan sinar-X. prosedur ini dilakukan terutama untuk mengamati bagaimana darah mengalir melalu arteri jantung dan menentukan apakah terdapat penyumbatan atau penyempitan arteri. Prosedur ini membantu dalam mendiagnosis dan menangani kondisi yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.



Apakah ada Resikonya ?
Seperti prosedur pemeriksaan medis lainnya, ada beberapa resiko, tetapi masalah serius jarang dijumpai. Kebanyakan orang tidak mempunyai masalah, dan jika dokter anda telah merekomendasikan pemeriksaan ini berarti manfaat yang didapatkan dari pemeriksaan ini jauh melampaui resiko yang mungkin terjadi.

Masalah yang dapat terjadi adalah memar kecil di sekitar tempat penusukan (masuknya kateter) yang biasanya hilang dalam beberapa hari, benjolan di arteri tempat penusukan atau iritasi pada syaraf sekitarnya (dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan local yang bersifat sementara). Masalah lain juga jarang dijumpai adalah reaksi alergi terhadap bahan kontras.

Masalah yang lebih serius dapat terjadi, terutama pada pasien yang beresiko tinggi, dan hal ini dapat didiskusikan dengan dokter anda.



Persiapan Angiografi Koroner

  • Tes darah, Elektrokardiografi, Treadmill, Rontgen dada
  • Datang ke rumah sakit pada pagi hari dan berpuasa 3-4 jam sebelum prosedur
  • Bila anda sudah berada dirumah sakit dokter akan menjelaskan prosedur yang akan dilakukan dan meminta surat persetujuan tindakan medis
  • Anda akan dicukur pada daerah dimana kateter akan dimasukan, semua perhiasan dilepas dan memakai pakaian khusus.


Prosedur Pemeriksaan kateterisasi Jantung

  1. Tindakan dilakukan di ruang angiografi/cath Lab.
  2. Tindakan diawali dengan melakukan pembiusan local di pergelangan tangan kanan atau lipatan paha, sehingga pada saat tindakan pasien tetap sadar dan dapat berkomunikasi dengan Dokter selama tindakan dilakukan.
  3. Kemudian Dokter menggunakan kateter/selang halus yang dimasukan melalui pembuluh darah arteri sehingga mencapai pembuluh darah arteri sehingga mencapai pembuluh darah aorta dan ditempatkan pada posisi muara arteri coroner
  4. Zat kontras akan diinjeksikan melalui kateter sehingga pembuluh darah coroner akan terlihat oleh sinar X dan dokter dapat melihat pembuluh darah mana yang tersumbat/ bermasalah.
  5. Tindakan ini berlangsung ± 30 menit dan dalam keadaan sadar.


Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

  • Obat-obatan (Obat-obatan dapat melebarkan pembuluh darah, memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah atau mengurangi nyeri dada)
  • Angioplasti Koroner (PTCA/PCI)
  • Spesial Balon & Stent
  • Bedah Pintas (CABG)