Berita

Tampil Cantik Dengan Darah Sendiri

- | Selasa, 04 Desember 2018, 10:10 WIB

-

SUKOHARJO – Beragam treatment kecantikan terus dihadirkan untuk memanjakan kebutuhan perempuan. Salah satunya dengan metode Platelet Rich Plasma (PRP), yaitu treatment menggunakan darahnya sendiri.

Dokter Estetika RS Indriati Solo Baru, dr. Melok Tin, Sp.KK, M.Kes mengatakan metode Platelet Rich Plasma (PRP) ini adalah pengobatan estetika dengan mengambil darah dari pasien itu sendiri. Yang menjadi catatan adalah kondisi pasien harus dalam keadaan sehat. Tidak mengidap penyakit hipertensi, diabetes, atau sedang mengalami luka berat.

"Salah satu kelebihan yang dimiliki PRP adalah kemampuannya dalam merangsang penyembuhan tulang dan jaringan lunak. Selain sudah dipraktikkan pada kasus cedera, terapi PRP juga telah diaplikasikan dalam dunia kecantikan," jelas dokter Melok kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sistem kerjanya pun bukan memasukkan darah segar langsung ke dalam wajah, melainkan darah dimasukkan ke mesin sentrifuhasi untuk memisahkan trombosit dengan sel darah merah itu sendiri. Nah, yang digunakan dalam PRP Treatmen adalah trombosit itu sendiri.

"Bagian itulah yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah. Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit sendiri juga mengandung protein PRP itu untuk faktor pertumbuhan. Dan sangat bisa diaplikasikan padapoermasalahan estetika," pungkasnya.

Dokter Melok mengatakan untuk PRP Treatmen tersebut tak memerlukan waktu lama. Mulai dari pemeriksaan pasien, pengambilan darah, hingga pengaplikasian pada pasien rata-rata hanya 1 jam.

"Bagi yang takut untuk disuntikkan langsung PRP pada wajah, bisa juga diaplikasikan dengan cara dioles, atau dijadikan cream malam. Untuk efektifitas kerja tentu cepat yang dimasukkan langsung ke titik wajah dengan cara disuntikkan," tandasnya.

Platelet Rich Plasma (PRP) Treatmen ternyata tak hanya untuk menyembuhkan Luka, tetapi juga treatmen kecantikan. Inilah 5 permasalahan perempuan yang bisa disembuhkan menggunakan PRP Treatmen. Dengan catatan, treatmen ini hanya boleh dilakukan oleh dokter ahli.

1. Flek Pada Wajah
Flek pada wajah tentu menjadi kerisauan bagi sebagain besar wanita. Banyak faktor yang membuta munculnya flek pada wajah, yaitu terpapar sinar matahari berlebih, polusi udara, menggunakan cream pemutih terlalu kuat, hormonal tidak stabil, dan kondisi stress. Permasalahan ini bisa menggunakan PRP Treatmen dengan cara dioleskan langsung melalui Microneedling.

Microneedling ini yaitu melukai permukaan kulit wajah dengan jarum yang sangat tipis. Pertama-tama, toner dioleskan pada kulit untuk membersihkan kotoran dari permukaan kulit. Setelah itu kulit akan diberi anestesi. Lalu proses microneedlingpun dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu PRP dioleskan langsung ke permukaan muka yang sudah terluka.

Luka yang dihasilkan membuat otak mengirim sinyal pada jaringan kulit untuk mengirim asupan kolagen ke lapisan epidermis kulit dan membentuk lapisan kulit baru. Dengan demikian sel-sel kulit mati pun akan terbuang.

2. Menua atau Kulit Keriput
Memiliki kerutan juga menjadi salah satu masalah besar. Keluarnya kerutan atau keriput karena kulit kekurangan mineral atau dehidrasi. Biasanya mudah terjadi pada kulit kering. Selain dehidrasi bisa juga karena produksi sel di lapisan kulit menurun.

Untuk membuat kulit memiliki mineral atau lembab tentu diperlukan kolagen. Hal ini akan membuat kulit tidka tergulung karena kering.

PRP Treatmen bisa diterapkan dengan menyuntikkan langsung PRP ke titik-titik kerutan. Bagi yang takut akan jarum suntik bisa menggunakan PRP dalam bentuk cream malam.

3. Bopeng
Bopeng terjadi karena jerawat yang memiliki ukuran terlalu besar, sehingga membuat permukaan wajah cekung. cekungan ini terbentuk karena lapisan kulit kedua dari wajah mengikat lapisan kulit terluar dari wajah.

Untuk mengembalikan bopeng menjadi kulit wajah yang rata, tarikan dari lapisan kulit ke dua harus dipotong kemudian ditambahkan kolagen ke dalamnya. Treatmen sangat bisa menggunakan PRP.

PRP Treatmen dengan cara menyuntikkan langsung dicekungan bopeng untuk memberikan kolagen baru. Sehingg adaya tahan lapisan kulit kedua semakin kuat untuk menyangga lapisan kulit terluar.

4. Mata Panda
Bagi perempuan yang suka bergadang, tentu akan menghasilkan Mata Panda. Hal ini juga pemicu kurang percaya diri pada seorang perempuan. Selain kurangnya tidur, Mata Panda terjadi juga karena genetik atau keturunan dan stres.

Untuk PRP Treatmennya bisa memasukkan cairan prp langsung disekitar mata. Namun, teknik penyuntikan tidak boleh seperti treatmen pad akulit yang lain, karena mata memiliki jaringan lapisan kulit yang sangat tipis. Selain itu bisa juga dijadikan cream.

5. Rambut Rontok
Banyak alasan memicu rambut rontok, seperti stress atau gangguan traumatik, perawatan rambut yang ekstrim, dan hormonal.

Karena memiliki kandungan pertumbuhan, PRP Tretamen juga bisa dilakukan pada masalah ini. Dengan cara menyuntikkan langsung cairan PRP ke kulit kepala.

Sumber Berita : radarsolo.jawapos.com